Asupan makanan untuk penderita stroke dengan komplikasinya

Salam Sejahtera,
Melanjutkan tanggapan dokter tentang sakit ibu saya karena stroke, khususnya masalah makanan. Untuk itu kami mohon saran dari Dokter kira-kira menu seperti apa yang boleh kami berikan kepada Ibu Saya yang terkena stroke, agar kecukupan gizi bisa terpenuhi dan gula darah, kolesterol dan tekanan darah tidak naik. Apakah semua jenis buah-buahan dapat kami berikan untuk di makan ?
Atas tanggapan dokter sebelumnya kami sampaikan banyak terima kasih.
Salam Hormat dari kami sekeluarga.

Jawaban Dokter :

salam sehat,
buah buahan ada baiknya juga jangan terlalu banyak karena gula yang terdapat dalam buah: fruktosa, juga dapat meningkatkan kadar gula darah walaupun tidak tinggi. lalu untuk kolesterol dan tekanan darah secara umum yah kurangi kadar garam dalam makanan malah kalau bisa tanpa garam lebih baik karena garam dalam makanan mengakibatkan tekanan darah sulit terkontrol selain itu juga hindari konsumsi ikan asin dan telur asin.
untuk mengendalikan kadar kolesterol sebaiknya hindari sama sekali konsumsi santan, daging kambing, sapi serta babi lalu baiknya konsumsi daging ayam dan ikan segar. hindari proses pemasakan makanan yang digoreng,panggang dan bakar.
semoga berguna

Artikel Terkait


Download Panduan Gizi bagi Penderita TBC

dr. Agnes Susanto

Diet Mencegah Batu Ginjal

Handriadi Winaga, dr.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Begitu pula dengan sumber makanan dan pola minum kita, mungkin bila tepat akan membantu anda mencegah batu ginjal.

Laporan Gizi di Awal Tahun 2014 : Kurus vs Obesitas

Gabrielle J. Hartono, dr.

Meningkatkan nutrisi dan oksigen tubuh

Dewata Aprilia Marilyn, dr.