Apakah suntik hormon mengakibatkan myoma uteri?

Dear Dokter,

saya berumur 28 tahun dan suami 35 tahun. kami menikah pada Agustus 2008 dan mengalami keguguran dengan umur janin 2 minggu yang mengharuskan saya di kuret pada Maret 2009. Sampai dengan saat ini saya belum hamil lagi. Desember 2009 saya coba konsultasi dengan dokter kandungan yang berbeda di rumah sakit yang sama, setelah di USG Dokter mengatakan bahwa hormon saya yang kurang (hal ini sudah saya ketahui sebelum saya menikah karena menstruasi yg tdk pernah teratur). Setelah di USG saya melakukan tes TORCH, dimana hasilnya adl normal. kemudian saya diberikan obat hormon sebanyak 2 macam. Yang pertama diminum sehari 2 kali selama 5 hari dan yang kedua diminum sehari sekali setelah 3 hari mens. Lalu setelah 14 hari mens, saya dan suami disuruh berhubungan. Ada beberapa hal yang masih mengganjal di hati kami :
1. Apakah benar obat hormon dapat membuat saya gemuk? sedangkan semenjak mengkonsumsi obat tsb saya tdk merasa nafsu makan.
2. Kata teman saya yang juga mengalami masalah hormon, dy sampai 2 kali operasi pengangkatan myom karena disuntik hormon dan tdk kunjung hamil smp skrg. Apakah betul seperti itu, DOk? bilamana mengkonsumsi obat hormon dan tidak hamil2 maka bisa kena kanker myom?

Demikian pertanyaan dari saya, sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih atas waktu Dokter untuk membaca dan menjawab pertanyaan saya. GBU

Jawaban Dokter :

salam sehat,
langsung saya jawab.
1. tidak benar, jadi juga tergantung dari masing2 orang, dan yg diberikan ke ibu khan bukan seperti pil kb yg akan diminum lama sehingga sering menyebabkan kegemukan.. byk obat hormon sekarang yg tidak bikin gemuk

2. masalah kedua tidak bisa lgs dikaitkan antara suntik hormon dengan myom krn bisa jadi sudah ada bibit myom sebelumnya. Kanker myom itu sangat jarang, mungkin 1 dari seribu org saja..
semoga berguna

Artikel Terkait


Tidak haid setelah keguguran

Lucky Aninditha, dr.

Keguguran, haruskah kuret?

Leonita Hartanti, dr.

Hamil setelah keguguran

Dewata Aprilia Marilyn, dr.

Tes TORCH positif, boleh hamil?

Tommy Supit, dr.