Apakah bisa hamil walaupun memakai kondom?

Saya dan tunangan saya melakukan hubungan intim beberapa minggu yang lalau dan sekarang dia telat haid. Padahal saat kita berhubungan kita menggunakan kondom. apakah tunagan saya telah hamil.
kalau tunangan saya hamil apa yg harus kami lakukan untuk mencegahnya karena kami belum mengiginkan kehamilan tsb.
terimah kasih sebelumnya

Jawaban Dokter :

erima kasih atas pertanyaannya.

Penggunaan alat kontraseptif untuk mencegah kehamilan dalam bentuk kondom tidak selalu menjamin 100%. Kegagalan pencegahan kehamilan dengan menggunakan kondom dapat disebabkan oleh berbagai faktor, dapat disebabkan oleh penggunaan yang tidak benar, kondom slip, dan sebagainya.

Sebelum anda berasumsi tunangan anda hamil, haid yang datang terlambat juga bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, oleh karena itu, pastikan dulu tunangan anda hamil atau tidak. Dapat dicek dengan menggunakan tes kehamilan (yang dapat diperoleh di apotek terdekat). Saat pengecekan biasanya disarankan pada hari ke-1 haid telat. Jadi seharusnya, tunangan anda sudah bisa mengeceknya sekarang. Saya sarankan apabila positif atau ragu, dapat diperiksakan ke dokter kandungan untuk pemeriksaan yang akurat.

Kehamilan yang sudah terjadi tentunya ibarat nasi sudah menjadi bubur. Saya mengerti apabila mungkin ada hal-hal yang menyebabkan anda berdua belum menginginkan kehamilan tersebut tetapi mengingat anda berdua sudah bertunangan, baik-baiklah berdiskusi dengan pihak masing-masing ataupun dengan tetua yang dipercaya mengenai kehamilan ini. Ingatlah, anak merupakan anugrah.

Saya harapkan apapun hasilnya, anda berdua tetap dapat menghadapinya dengan bijaksana. Di masa depan, ingatlah bahwa hubungan intim selalu memiliki resiko kehamilan, walaupun dengan proteksi yang adekuat. Jadi pertimbangkan baik-baik resikonya sebelum melakukan hubungan intim dengan pasangan.

Salam sehat untuk anda berdua.

Artikel Terkait


Istri sulit Orgasme.

Leonita Hartanti, dr.

Dari ujung kemaluan keluar nanah terus menerus.

Leonita Hartanti, dr.

Komunikasi, Kunci Kehidupan Seksual yang Memuaskan!

Cindy Lestari, dr.

Seks = Olahraga

Lucky Aninditha, dr.