Apa beda pediacel dengan imunisasi biasa?

Dok, saya seorang ibu yang mempunyai balita sekarang usia 3 bulan. Yang ingin saya tanyakan :
1. DSA saya merekomendasikan Pediacel untuk imunisasi anak saya. Apa sebenarnya perbedaannya dengan imunisasi biasa serta apakah ada efek sampingnya?
2. Apakah imunisasi Campak dan MMR sama? Apa harus diberikan dua-duanya atau hanya salah satu saja? Dan apakah ada resiko pemberian MMR?
Demikian pertanyaan saya semoga dokter berkenan memberikan penjelasan. Terima kasih.

Jawaban Dokter :

salam sehat,
1. pediacel adalah vaksin kombinasi untuk diphteri, tetanus, pertussis, polio dan Hib (haemophillus influenza), perbedaannya hanya pada kemasannya, pada pediacel dalam satu sediaan ada 5 macam vaksin, sedangkan pada imunisasi biasa terdiri dari 3 macam sediaan yaitu DPT, polio dan Hib sendiri. tentu harga pediacel lebih mahal tapi lebih praktis dan diberikan pada usia anak 2,4,6, dan 18 bulan. hanya saja vaksin Hib tidak diwajibkan oleh pemerintah. efek sampingnya hampir sama dengan vaksin lainnya yaitu :
- nyeri, bengkak, dan kemerahan pada sisi penyuntikan
- anak gelisah dan sering menangis
- demam
- diare, mual, muntah
- kejang dan respon menurun (jarang terjadi)
- reaksi alergi, demam tinggi, pucat, bengkak hebat pda sisi suntikan dan terkantuk-kantuk (tertidur terus)--> sangat jarang terjadi
2. imunisasi campak hanya untuk mencegah penyakit campak saja (morbili), sedangkan MMR adalah vaksin kombinasi untuk mencegah penyakit Morbili, Mumps (gondongan), dan Rubella (campak jerman). tentu harga MMR lebih mahal, dan cukup berikan salah satu saja. resikonya sama dengan vaksin lainnya.
untuk lebih lengkapnya anda dapat membaca di http://www.tanyadokteranda.com/artikel/2007/07/ayo-vaksinasi mengenai vaksin yang diwajibkan pemerintah.
semoga berguna

Artikel Terkait


Vaksin Flu Bagi Masyarakat

TanyaDok.com

Mengapa Imunisasi Harus Sesuai Jadwal?

Ariani Dewi Widodo, dr., SpA.

Jadwal Imunisasi Anak Rekomendasi IDAI 2014

dr. Agnes Susanto

Vaksin Flu Bagi Masyarakat

TanyaDok.com