Apa arti dari pemeriksaan agregasi trombosit saya?

Kepada Yth
Bapak/Ibu Dokter,

Saya pria berusia 34 tahun. Saya baru saja melakukan cek darah. Dan saya mendapat hasil dari cek darah sbb: Agregasi Trombosit (TAT) ADP 1.0 uM 0.0%, ADP 2.0 uM 0.6%, ADP 5.0 uM 20.5%, dan ADP 10.0 uM 33.1%. Saya mendapat hasil kesan hypoaggregation. Ini artinya apa ya dokter? Dan juga saya ingin tanyakan apa guna dari cek Agregasi Trombosit? Adakah makanan yg harus dipantang?

Selain itu saya mendapat Apo-B 67 mg/dL. Rasio Chol. LDL direk/Apo B 1.0. Yg ingin saya tanyakan apa itu Apo-B? Dan hasil dari rasio Chol. LDL direk/Apo B itu menunjukan apa Dokter? Sebelumnya saya ingin ucapkan terima kasih atas waktu dan kesempatannya.


Jawaban Dokter :

Salam sehat,
Hypoagregation trombosit adalah pelepasan molekul-molekul trombosit yg rendah dan ini masih aman sementara namun hrs sering dicek, jangan sampai menjadi hyperagregation karena berbahaya dan bisa menimbulkan stroke atau penyakit jantung koroner. Ratio kolesterol LDL dan Apo B menunjukkan kondisi kadar lemak didalam darah,jadi hrs normal jangan sampai meninggi karena kadar lemak yg tinggi membahayakan kondisi tubuh sdr. Untuk mencegah itulah sdr diberi obat Apo B sebagai anti lipid agar agregasi trombosit sdr dicegah jangan sampai hiperagregasi trombosit. Sebaiknya sdr mengurangi konsumsi makanan berlemak dan segeralah ke dokter ahli penyakit dalam bidang pembuluh darah dan juga ke dokter ahli gizi utk mengontrol pola makan sdr. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait


Agregasi trombosit rendah

Soedjono Indra Susanto, dr.