Akan Janin Saya Cacat Seperti Sebelumnya?

Dok, 10 bulan yang lalu saya melahirkan anak dengan TOF (Tetraology of Fallot-red) dan tersumbatnya usus bayi hingga tidak dapat menyerap makanan. Setelah perawatan di NICU selama 1 bulan dan sebelumnya sempat mengalami operasi pada ususnya, bayi kami tidak kuat dan akhirnya berpulang karna keadaan jatungnya.

Yang ingin saya tanyakan adalah sekarang saya sedang mengandung 1 bulan. Apakah nanti anak yang akan saya lahirkan akan mengalami cacat bawaan seperti sebelumnya? Apakah bisa cara mengetahuinya? Saya sekarang berusia 39 tahun dengan riwayat sering keguguran. Sebelumnya anak saya sudah 2 sekarang umur 10 dan 4 tahun sehat walafiat. Terima kasih.

Jawaban Dokter :

Salam sehat, Ibu.

Turut berduka atas meninggalnya anak anda sebelumnya.

Mengenai anak yang sedang dikandung, resiko TOF tetap ada, berkisar sekitar 1-5% pada orangtua yang membawa kelainan gen tersebut. Selain itu, memang ada beberapa faktor yang dapat mempertinggi resiko seperti kehamilan di atas 40 tahun, adanya penyakit diabetes, adanya infeksi seperti rubella, toxo pada kehamilan, ibu alkoholik, dst. Tetapi tidak dapat dipastikan. Tentunya pemeriksaan rutin pada saat kehamilan sangat penting. Untuk mengetahuinya, biasanya dilakukan pemeriksaan echo bayi pada saat kehamilan. Selain itu dapat juga dilakukan analisa kromosom (yang diambil dari arteri umbilikal ataupun jantung fetal sendiri).

Dengan demikian, penting bagi Ibu untuk melakukan pemeriksaan rutin kandungan dengan dokter anda.

Semoga jawaban ini membantu.

Salam sehat.

Artikel Terkait


Jangan Sembarangan Minum Obat Saat Hamil

Yohanes Ricky Permadi, dr.

Keajaiban Dalam Kandungan

Tiffany Carissa Banunaek, dr., BMedSc

Keguguran

Michelle Angelina, dr.

Tes TORCH positif, boleh hamil?

Tommy Supit, dr.