Air Susu Ibu berkurang saat bekerja, mengapa ?

Tanya dok,

Kenapa ASI(air susu ibu)  saya berkurang ketika saya sudah mulai bekerja, dan dampaknya bayi saya jadi berkurang pemberian ASI nya.

Apakah ada saran dok,

terima kasih,

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Anda perlu mengetahui salah satu program KB (keluarga berencana) alami, yaitu lactational amenorrhea (tidak haid saat menyusui). Yaitu masa 'tidak subur' setelah melahirkan, ditandai dengan tidak terjadinya haid saat sedang menyusui. Hal ini dipengaruhi oleh perubahan kadar hormon reproduksi dalam tubuh ibu.

Pada umumnya hal ini terjadi pada 6 bulan setelah kelahiran, dikarenakan adanya program ASI (air susu ibu) eksklusif yaitu, bayi hanya mendapatkan asupan nutrisi dari ASI, bayi disusui setiap 4 jam sekali saat pagi - siang, dan 6 jam sekali saat sore - malam, bayi harus menyusui langsung dari puting ibu, bukan ASI dari pompa / disimpan.

Saat anda sudah jarang menyusui bayi, maka, hormon-hormon pada tubuh anda akan kembali pada keadaan anda sebelum hamil, dimana mulai terjadi siklus haid, dan berhentinya produksi ASI. Normalnya ibu akan kembali haid 14 bulan setelah kelahiran si adik kecil, tentu berbeda pada setiap ibu dan tergantung dari banyak faktor, salah satunya kekerapan menyusui si bayi. Semoga informasi ini bermanfaat.

Salam

Artikel Terkait


Tidak haid saat menyusui

Gunterus Evans, dr.

Hamil lagi pasca melahirkan 3 bulan

Gunterus Evans, dr.

Belum mendapat menstruasi setelah masa nifas 1 bulan

Tommy Supit, dr.

Penyebab Bayi dan Anak diare setelah ASI

Tommy Supit, dr.