4 Bulan 5,5 Kg. Normalkah Berat Badan Anak Saya?

Dear dok,,,
Saya seorang karyawan swasta yang memiliki putri pertama berusia 4 bulan dengan berat badan 5,5 kg dan panjang 59 cm, lingkar kepala 41 cm. Saat lahir brt badan putri saya 3,9 kg, dgn proses caesar. Sekarang ini agak susah naik berat badannya, dan saya sudah tidak memberikan asi krna asi saya sudah tidak banyak lagi. Yang saya mau tanyakan dengan usia dan ukuran berat bdan tersbut, apakah msh normal? Dan dengan riwayat kelahirannya seperti itu dok. Mohon jawabannya dok. Terima kasih

Jawaban Dokter :

Terima kasih atas pertanyaannya.

Untuk memperkirakan berat normal bayi di bawah 12 bulan, kita bisa gunakan rumus ( usia dalam bulan / 2)+4. Jadi si kecil usia 4 bulan berarti (4/2)+4 = 2+4= 6 kg. Jadi untuk 5,5 kg masih rentang normal bu.

Dengan berat badan putri ibu yang 3900 gram, tentu kita harus memperhatikan gizinya, agar jangan terlalu gemuk. Karena menurut penelitian bayi yang lahir besar biasanya berkaitan dengan gangguan obesitas nantinya. Walau demikian, dalil ini tidak harus selalu benar, hanya risikonya saja yang semakin besar. Oleh karena itu, sebaiknya anak ibu tidak terlalu gemuk dan jika ibu mau memantau terus, ayo bawa ia ke posyandu untuk ditimbang tiap bulan. Dengan posyandu, maka ibu bisa memantau dengan baik dan dengan indikator pembanding di KMS atau Kartu Menuju Sehatnya.

Dan satu lagi, memang pada usia beberapa bulan pertama, berat badan anak akan lebih cepat naik bila dibandingkan berat badan lahirnya. Semakin besar, kenaikan berat badan tidak akan secepat itu lagi bu. Biasanya setiap bulan akan naik 0,5 kg.

Semoga membantu.

Salam Sehat

Artikel Terkait


Kapan bayi boleh berenang?

Agnes Susanto

Jangan Sembarangan Minum Obat Saat Hamil

Yohanes Ricky Permadi

Usia berapa bayi boleh berenang?

Leonita Hartanti

Berat badan anak tidak mau naik, mengapa?

Renie Indriani