Bekerja Bukan Berarti Anak Tidak Mendapat ASI

  Tanya dokter gratis asuransi kecelakaan. Artikel kesehatan dan penyakit. Cari rumah sakit, wanita ibu hamil dokter kandungan anak klinik kehamilan. Cara diet sehat, fitness, langsing, cantik    

Ketika ibu sedang cuti melahirkan, usahakan untuk memberi ASI secara penuh (ASI eksklusif). Namun ketika cuti tersebut sudah habis dan ibu sudah harus kembali bekerja didapatkan hambatan untuk tetap memberikan ASI eksklusif untuk bayinya, yang tentu saja merupakan hal terbaik bagi si bayi.

Namun tahukah ibu bahwa ibu tetap bisa memberikan ASI sambil tetap bekerja? Berikut adalah tips-tips yang bisa dipraktekkan untuk tetap memberikan ASI eksklusif pada bayi anda yang tercinta:

  1. Memerah dan menampung ASI: Sebelumnya terlebih dahulu mencuci tangan dengan bersih dan menyiapkan wadah yang bermulut lebar yang mempunyai tutup dan telah direbus. Kemudian cara memerah ASI yang baik adalah dengan meletakkan ibu jari pada daerah areola atas dan jari-jari lain pada areola bawah (membentuk huruf C). Tekan ke dada dan jangan mengurut jari pada kulit tulang dada, kemudian tekan dan lepas selama beberapa menit untuk merangsang refleks pengeluaran ASI. Ulangi gerakan sekeliling puting (daerah areola mammae). Memerah ASI juga dapat dilakukan dengan breast-pump, yaitu suatu alat umtuk memompa payudara yang sudah dilengkapi dengan wadah.
  2. Selama ibu berada di rumah yaitu sebelum berangkat kerja, ketika pulang, malam hari dan waktu libur tetap menyusui secara penuh.
  3. Pada saat ibu tidak berada di rumah, bayi tetap diberikan ASI perah yaitu ASI yang dikeluarkan dengan cara memerah baik yang diperah sehari sebelumnya atau yang diperah pada malam hari dan sudah disimpan dalam lemari es atau termos yang diisi es batu.
  4. Usahakan untuk memerah ASI minimal 2 kali di tempat kerja saat/waktu istirahat, karena dengan mengosongkan payudara secara teratur merupakan usaha untuk mempertahankan produksi ASI.
  5. ASI yang sudah diperah dibawa pulang ke rumah dengan cara tetap mempergunakan termos yang diisi es batu.

Dan cara yang tepat untuk menyimpan ASI adalah:

  1. ASI yang sudah diperah dimasukkan ke dalam wadah yang telah disiapkan dan jangan lupa ditutup dengan rapat
  2. Bila disimpan dalam suhu ruangan (tidak terkena sinar matahari) dapat disimpan 6-8 jam.
  3. Atau dapat dimasukkan ke dalam lemari es bagian bawah (refrigerator) atau termos yang diisi es batu (suhu 4-8ËšC) yang bisa disimpan sampai 1×24 jam.
  4. Bila ASI disimpan  dalam freezer/dibekukan bisa disimpan sampai 3 bulan.

Kemudian berikut adalah cara yang tepat untuk memberikan ASI perah tersebut:

  1. Ambil ASI perah secukupnya (sesuai kemampuan bayi) beserta tempatnya dipanaskan dengan cara merendam dengan air panas sampai suhunya sama dengan ASI yang baru keluar dari tubuh, yaitu suam-suam kuku. Perhatikan agar tidak memanaskan ASI perah di atas api langsung.
  2. ASI perah diberikan dengan dengan menggunakan sendok atau dengan dot (tetapi lebih dianjurkan untuk pemberian dengan menggunakan sendok agar bayi tidak “bingung puting” atau tidak mau menyusui langsung pada payudara ibu karena terbiasa dengan dot).
  3. ASI perah yang masuk ke dalam freezer harus dihangatkan secara bertahap, yaitu dengan meletakkannya di bagian bawah (refrigerator) terlebih dulu sampai ASI mencair lalu lakukan tahap seperti pada nomor 1.

Sumber :

Buku Penuntun Calon Ibu. Edisi X. Sint Carolus.

Buku Ajar Neonatologi. Edisi pertama. Ikatan Dokter Anak Indonesia

http://supportbreastfeeding.wordpress.com/2009/08/23/breast-feeding-or-breast-milk-at-work-no-problems/

Related Posts

Susu, Pencegah atau Malah Penyebab Osteoporosis?

Susu, Pencegah atau Malah Penyebab Osteoporosis?

Menyusui di Tempat Umum

Menyusui di Tempat Umum

Perawatan Payudara Ibu Menyusui

Perawatan Payudara Ibu Menyusui

Memberi ASI pada Hari-hari Pertama Setelah Melahirkan

Memberi ASI pada Hari-hari Pertama Setelah Melahirkan

Ibu Bekerja Tetap Memberikan ASI? Pasti Bisa!

Ibu Bekerja Tetap Memberikan ASI? Pasti Bisa!

Related Posts

Haid pada ibu menyusui

Siang Dok! Saya ingin bertanya, istri saya sudah h...

Belum mendapat menstruasi setelah masa nifas 1 bulan

selamat sore dokter saya mau konsultasi tentang is...

Penyebab Bayi dan Anak diare setelah ASI

Dok, istri saya menyusui sdg sakit perut dan skr b...

Penyebab dan solusi ASI tidak lancar dan keluar

Dok mau tanya… saya mempunyai bayi usia 5 bulan, s...

ASI tidak produktif?

Dok.. kenapa ya 2 hari ini payudara saya seperti k...